GAMBAR BITMAP & VEKTOR (RIFALDI XII IPA 1)



Sebelum masuk ke pertanyaan, kita perlu mengetahui apa itu gambar Bitmap & gambar Vektor.

A.    Gambar Bitmap

Gambar Bitmap

Gambar Bitmap - Tampilan bitmap sering disebut dengan gambar raster, yaitu tampilan gambar yang terdiri dari titik-titik atau pixel. Masing-masing pixel ini memunyai lokasi serta warna tersendiri yang secara keseluruhan membentuk sebuah tampilan gambar pada saat gambar diperbesar. Kehalusan tampilan gambar ini sangan tergantung kepada resolusi serta titik atau pixel yang membentuk gambar tersebut. 
Apabila gambar ini diperbesar maka akan kelihatan kotak-kotak, semakin besar tampilan gambar maka akan semakin besar pula kotak-kotak tersebut, yang sebetulnya merupakan tampilan pixel yang diperbesar. Contoh gambar bitmap antara lain photo, gambar-gambar hasil scaneer, serta gambar yang dihasilkan dari software seperti Adobe Photoshop, Corel PHOTO-PAINT. Format bitmap ini memerlukan ruang penyimpanan data yang lebih
besar dibandingkan dengan format vektor.


Format yang digunakan oleh gambar Bitmap adalah GIF, JPEG/JPG, BMP, PICT ( macintos ), PCX, TIFF, PSD ( Adobe Photoshop ). Aplikasi grafis yang berbasis bitmap diantaranya : Adobe Photoshop, Jasc Pain Shop Pro, Micrografix Picture Publisher, Ulead PhotoImpact, Microsoft Paint.

Kelebihan :
·         Dapat diberikan efek khusus tertentu sehingga membuat objek tampil sesuai keinginan atau dapat diedit dengan mudah.
·         Menghasilkan objek gambar bitmap dari objek vektor dengan cara mudah dan cepat, serta mutu dan hasilnya dapat ditentukan.

Kekurangan : 
·         Mengalami masalah saat melakukan pengubahan ukuran terutama saat objek gambar diperbesar.
·         Efek yang dihasilkan akan terlihat pecah atau berkurang detailnya saat dicetak pada resolusi yang lebih rendah.
·         Ukuran file relatif lebih besar.
·         Membutuhkan resource yang besar pada komputer untuk mengolahnya.


B. Gambar Vektor
 
Gambar Vektor
Gambar Vektor - Merupakan gambar yang terbentuk dari kumpulan titik melainkan terbentuk dari sejumlah garis dan kurva. Karena gambar jenis vektor ini buka terdiri dari titik, maka apabila tampilan in diperbesar tetap tidak akan kehilangan detailnya  sehingga kualitas  gambarnya tetap baik. Contoh gambar ini adalah teks dan logo. Perangkat lunak yang sering digunakan  untuk mengolah gambar jenis vektor ini adalah CorelDraw, Freehand.
Untuk menyimpan hasil kerja vektor sebagai gambar bitmap, kita tinggal menyimpannya menggunakan format lainnya ( misal : jpg ) dengan tetap menyimpan format file aslinya, sehingga kita dapat mengeditnya setiap saat. AI, SVG, CDR, EPS adalah beberapa format dari gambar Vektor

Beberapa aplikasi yang berbasis Vektor : Adobe Ilustrator, Macromedia Freehand, Corel Draw, Xara, Serif DrawPlus, harvardDraw.

Kelebihan : 
·         Ukuran file relatif lebih kecil sehingga ruang penyimpanan untuk objek gambar lebih efisien.
·         Ukuran dan bentuknya dapat diubah tanpa menurunkan mutu tampilannya.
·         Dapat dicetak pada resolusi tinggi.
·         Menggambar dan menyunting vektor relatif lebih mudah dan menyenangkan.
Kekurangan :
·         Konversi langsung objek gambar tersebut dari format bitmap ke vektor tidak dapat menghasilkan gambar yang bagus.

Berdasarkan penjelasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa perbedaan gambar vektor dan gambar bitmap

1.      Apa Perbedaan gambar Vektor dan gambar bitmap ?
Jawab

Perbedaan
Vektor
Bitmap
Disusun oleh objek geometris yang dibuat berdasarkan penghitungan Geometris
Disusun oleh objek yang disebut pixel
Sifatnya resolusi indepedent
Sifatnya resolusi dependent
Digunakan untuk ilustrasi dengan bentuk geometris sederhana, warna solid atau gradasi tanpa terlalu banyak variasi warna. Cocok untuk logo dan jenis desain yang mengandalkan   kesederhanaan bentuk
Digunakan untuk gambar kompleks, berupa aneka warna dan bentuk yang bervariasi seperti foto bidikan kamera
Ukuran penyimpanan relatif kecil
Ukuran penyimpanan relatif besar
Pengaruh perbesaran tidak pecah,blur atau rusak
Pengaruh perbesaran pecah,blur dan rusak jika melewati batas toleransi tampilan
Format penyimpanan bisa berupa AI,CDR,FH atau EPS
Format penyimpanan JPEG,JPG,GIP,BMP
Aplikasi yang digunakan ialah Coreldraw,Adobe Ilustrasor dan Macromedia Freehand
Software yang digunakan Adobe Photoshop,Corel Photopaint, MS Paint


2.      Buatlah Gambar anda yang bertipe vektor dan bitmap lengkap dengan alamat rumah.

Jalan Gunung Rinjani
Gambar Bitmap
Alamat: Jln Gunung Rinjani No. 10A RT 22 RW 01 74312



Gambar Vektor
Alamat : Jln Gunung Rinjani No. 10A RT 22 RW 01 74312

3.      Aplikasi apa yang digunakan untuk gambar vektor rumah anda dan sebutkan langkah-langkah membuatnya !
Jawab
Aplikasi yang saya gunakan ialah aplikasi Coreldraw 12, Adapun langkahnya yaitu:


1)      Buka aplikasi coreldraw 12, kemudian buat bidang gambarnya sebesar A3.
2)      Lalu pertama kali buat persegi berwarna hijau lumut untuk membuat bagian depan dan segitiga berwarna merah dua buah dan salah satu segitiga tersebut yang lebih kecil diberi garis sumbu yang membagi tiga segitiga kecil tersebut. Persegi tersebut digunakan untuk membuat teras rumah dan atap depan.
3)      Kemudian buatlah persegi coklat dengan tambahan garis hitam di dalamnya membagi persegi tersebut sama besar. Bagian ini untuk membuat bagian jendela nya.
4)      Selanjutnya buatlah jajar genjang dengan pola genteng. Pola genteng digunakan dengan perintah Fill Tool > Pattern Fill. Pilih Pattern Shingle.
5)      Kemudian buat persegi panjang ubah dalam bentuk freeform agar bentuknya dapat diubah menjadi bagian dinding hijau lumut lainnya.
6)      Tambahkan beberapa benda seperti tembok batu bata  , hal ini dapat dilakukan dengan perintah Fill Tool > Pattern Fill. Pilih Pattern Horizontal Brick.
7)      Tambahan berupa awan dapat dibuat dengan shape cloud berwarna abu-abu.
8)      Untuk mendapatkan aksen rerumputan, unduh di internet dengan kata kunci “grass vector”
9)      Terakhir Simpan gambar lalu ekspor dengan mengubah ekstensi file (.CDR) ke file (.JPG)

Komentar