Sebelum masuk ke pertanyaan, kita perlu
mengetahui apa itu gambar Bitmap & gambar Vektor.
A.
Gambar
Bitmap
Gambar Bitmap |
Gambar Bitmap - Tampilan bitmap sering disebut dengan gambar raster, yaitu tampilan gambar yang terdiri dari titik-titik atau pixel. Masing-masing pixel ini memunyai lokasi serta warna tersendiri yang secara keseluruhan membentuk sebuah tampilan gambar pada saat gambar diperbesar. Kehalusan tampilan gambar ini sangan tergantung kepada resolusi serta titik atau pixel yang membentuk gambar tersebut.
Apabila gambar ini
diperbesar maka akan kelihatan kotak-kotak, semakin besar tampilan gambar maka
akan semakin besar pula kotak-kotak tersebut, yang sebetulnya merupakan
tampilan pixel yang diperbesar. Contoh gambar bitmap antara lain photo,
gambar-gambar hasil scaneer, serta gambar yang dihasilkan dari software seperti
Adobe Photoshop, Corel PHOTO-PAINT. Format bitmap ini memerlukan ruang
penyimpanan data yang lebih
Format yang digunakan
oleh gambar Bitmap adalah GIF, JPEG/JPG, BMP, PICT ( macintos ), PCX,
TIFF, PSD ( Adobe Photoshop ). Aplikasi grafis yang berbasis bitmap diantaranya
: Adobe Photoshop, Jasc Pain Shop Pro, Micrografix Picture Publisher,
Ulead PhotoImpact, Microsoft Paint.
Kelebihan :
· Dapat
diberikan efek khusus tertentu sehingga membuat objek tampil sesuai keinginan
atau dapat diedit dengan mudah.
· Menghasilkan
objek gambar bitmap dari objek vektor dengan cara mudah dan cepat, serta mutu
dan hasilnya dapat ditentukan.
Kekurangan :
· Mengalami
masalah saat melakukan pengubahan ukuran terutama saat objek gambar diperbesar.
· Efek
yang dihasilkan akan terlihat pecah atau berkurang detailnya saat dicetak pada
resolusi yang lebih rendah.
· Ukuran
file relatif lebih besar.
· Membutuhkan
resource yang besar pada komputer untuk mengolahnya.
B. Gambar Vektor
Gambar Vektor -
Merupakan gambar yang terbentuk dari kumpulan titik melainkan terbentuk dari
sejumlah garis dan kurva. Karena gambar jenis vektor ini buka terdiri dari
titik, maka apabila tampilan in diperbesar tetap tidak akan kehilangan
detailnya sehingga kualitas gambarnya tetap baik. Contoh gambar ini
adalah teks dan logo. Perangkat lunak yang sering digunakan untuk
mengolah gambar jenis vektor ini adalah CorelDraw, Freehand.
Untuk menyimpan hasil
kerja vektor sebagai gambar bitmap, kita tinggal menyimpannya menggunakan
format lainnya ( misal : jpg ) dengan tetap menyimpan format file aslinya,
sehingga kita dapat mengeditnya setiap saat. AI, SVG, CDR, EPS adalah
beberapa format dari gambar Vektor
Beberapa aplikasi yang berbasis Vektor
: Adobe Ilustrator, Macromedia Freehand, Corel Draw, Xara, Serif DrawPlus,
harvardDraw.
Kelebihan :
· Ukuran
file relatif lebih kecil sehingga ruang penyimpanan untuk objek gambar lebih
efisien.
· Ukuran
dan bentuknya dapat diubah tanpa menurunkan mutu tampilannya.
· Dapat
dicetak pada resolusi tinggi.
· Menggambar
dan menyunting vektor relatif lebih mudah dan menyenangkan.
Kekurangan :
· Konversi
langsung objek gambar tersebut dari format bitmap ke vektor tidak dapat
menghasilkan gambar yang bagus.
Berdasarkan penjelasan diatas maka dapat
disimpulkan bahwa perbedaan gambar vektor dan gambar bitmap
1.
Apa Perbedaan gambar Vektor dan gambar bitmap ?
Jawab
Perbedaan
|
|
Vektor
|
Bitmap
|
Disusun oleh objek
geometris yang dibuat berdasarkan penghitungan Geometris
|
Disusun oleh objek
yang disebut pixel
|
Sifatnya resolusi
indepedent
|
Sifatnya resolusi dependent
|
Digunakan untuk
ilustrasi dengan bentuk geometris sederhana, warna solid atau gradasi tanpa
terlalu banyak variasi warna. Cocok untuk logo dan jenis desain yang
mengandalkan kesederhanaan bentuk
|
Digunakan untuk
gambar kompleks, berupa aneka warna dan bentuk yang bervariasi seperti foto bidikan
kamera
|
Ukuran penyimpanan
relatif kecil
|
Ukuran penyimpanan
relatif besar
|
Pengaruh perbesaran
tidak pecah,blur atau rusak
|
Pengaruh perbesaran
pecah,blur dan rusak jika melewati batas toleransi tampilan
|
Format penyimpanan
bisa berupa AI,CDR,FH atau EPS
|
Format penyimpanan
JPEG,JPG,GIP,BMP
|
Aplikasi yang
digunakan ialah Coreldraw,Adobe Ilustrasor dan Macromedia Freehand
|
Software yang
digunakan Adobe Photoshop,Corel Photopaint, MS Paint
|
2.
Buatlah
Gambar anda yang bertipe vektor dan bitmap lengkap dengan alamat rumah.
Gambar Bitmap Alamat: Jln Gunung Rinjani No. 10A RT 22 RW 01 74312 |
3.
Aplikasi
apa yang digunakan untuk gambar vektor rumah anda dan sebutkan langkah-langkah
membuatnya !
Jawab
Aplikasi
yang saya gunakan ialah aplikasi Coreldraw 12, Adapun langkahnya yaitu:
1)
Buka aplikasi coreldraw 12, kemudian
buat bidang gambarnya sebesar A3.
2)
Lalu pertama kali buat persegi berwarna hijau lumut untuk membuat
bagian depan dan segitiga
berwarna merah dua buah dan salah satu segitiga tersebut yang lebih
kecil diberi garis sumbu yang membagi tiga segitiga kecil tersebut. Persegi
tersebut digunakan untuk membuat teras rumah dan atap depan.
3)
Kemudian buatlah persegi coklat dengan tambahan garis hitam
di dalamnya membagi persegi tersebut sama besar. Bagian ini untuk membuat
bagian jendela nya.
4) Selanjutnya
buatlah jajar genjang dengan pola genteng. Pola genteng digunakan dengan perintah Fill Tool > Pattern Fill. Pilih
Pattern Shingle.
5)
Kemudian buat persegi panjang ubah dalam
bentuk freeform agar bentuknya dapat diubah menjadi bagian dinding hijau lumut
lainnya.
6) Tambahkan
beberapa benda seperti tembok batu bata ,
hal ini dapat dilakukan dengan perintah
Fill Tool > Pattern Fill. Pilih Pattern Horizontal Brick.
7)
Tambahan berupa awan dapat dibuat dengan
shape cloud berwarna
abu-abu.
8)
Untuk mendapatkan aksen rerumputan,
unduh di internet dengan kata kunci “grass vector”
9) Terakhir
Simpan gambar lalu ekspor dengan mengubah ekstensi file (.CDR) ke file (.JPG)
Komentar
Posting Komentar