Peluang Suatu Usaha


Guru Mata Pelajaran : Rismarini Wijayanti,S.Pd 

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Keberhasilan suatu usaha tergantung sebagaian besar dari karakteristik pribadi, keterampilan, dan keadaan keuangan pemilik usaha yang bersangkutan. Oleh karena itu sebelum memutuskan untuk memulai suatu usaha, Kita harus berpikir dan menilai secara jujur diri sendiri apakah Kita adalah orang yang tepat untuk memulai suatu usaha.
Usaha adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh perorangan atau kelompok untuk mendapatkan penghasilan dengan tujuan memperoleh keuntungan. Suatu usaha memproduksi atau membeli barang atau jasa yang dijual kepada pelanggan.
Setiap wirausahawan sebenarnya mempunyai peluang ( opportunity ) untuk maju. Peluang usaha dapar dicari di segala jenis usaha yang wirausahawan inginkan yang dapat menguntungkan. Pembangunan di Indonesia terus berjalan dan berkembang dengan pesatnya. Dengan mempelajari kehidupan masyarakat yang sudah maju, wirausahawan harus mencari kesempatan kira-kira usaha yang baik dan cocok, serta memberi peluang yang menguntungkan.
B.     Rumusan Masalah
1.      Apa saja yang perlu dilihat sebagai peluang Usaha ?
2.      Apa saja resiko yang dikerjakan saat memulai Usaha?

C.    Manfaat
Untuk mengetahi peluang serta resiko yang dilakukan saat melakukan dan memulai Usaha.



BAB II
ISI DAN PEMBAHASAN
A.   Kemampuan dalam pemanfaatan Usaha
Pentingnya informasi dalam peluang usaha :
1.      Dapat mengiri dan materi informasi peluang usaha melalui berbagai media
2.      Meningkatkan kerjasama para wirausahawan
3.      Untuk mempercepat pengambilan keputusan dalam menentukan peluang usaha
4.      Membuka pemanfaatan peluang usaha yang ada
5.      Menggali peluang usaha, menyusun konsep usaha dan menciptakan nilai tambah yang menguntungkan
Hal yang perlu dicermati dalam mencari peluang usaha :
1.      Informasi terhadap minat dan daya beli konsumen
2.      Informasi Seluk beluk pemasaran produk/jasa
3.      Informasi mengenai penjualan produk/jasa
4.      Informasi mengenai manajemen usaha
5.      Informasi mengenai modal usaha
6.      Informasi mengenai perawatan peralatan
7.      Informasi mengenai adaministrasi pembukuan
8.      Informasi mengenai penelitian pengembangan
Sumber Informasi Peluang usaha
1.      Persyaratan sumber informasi peluang usaha, data informasi peluang usaha harus lengkap dipercaya dan harus berlaku
2.      Perolehan sumber informasi peluang usaha
Dari pemasaran dan penjualan - Dari pesaing
- Dari kedudukan perusahaan dipasar - Dari wilayah niaga
- Dari bagian pembukuan - Media masa
- Dari hasil penelitian pasar - Pemerintah
- Dari konsumen - Dan lain-lain
- Dari hasil penelitian pemasaran
Ada 2 kelompok cara memperoleh sumber informasi peluang usaha :
1.      Sumber informasi primer ( konsumen/pelanggan, pedagang, perantara, penjual enceran
2.      Sumber informasi sekunder ( catatan intern wirausahawa, pemerintah, data Biro Statistik, Kamar Dagang dan Industri/KADIN, media masa }



B.     MENGIDENTIFIKASI PELUANG USAHA

Mengidentifikasikan peluang usaha dapat dilakukan dengan cara belajar ilmu manajemen usaha meminta jasa konsultan manajemen.Memeinta jasa keluar dan kenalan yang pintar dalam usaha dengan adanya informasi wirausaha dapat mengetahui peluang, ancaman usaha,kekuatan, kelemahan usaha (SWOT)

• Persyaratan utama untuk menggali peluang usaha untuk menggali peluang usaha :
1.      Kerjasama
2.      Bekerja prestatif
3.      Optimisme
4.      Mendenganrkan saran orang lain
5.      Keterbukaan
6.      Mengakui kesalahan sendiri dan percaya diri
7.      Kreatif
Menurut Charlap 4 unsur yang harus dimiliki wirausahawan ;
1.      Work Hard (kerja keras)
2.      Work smart (kerja cerdas)
3.      Enthusiasme(kegairahan)
4.      Service(Pelayanan)

C.    MENANGKAP PELUANG USAHA
Meningkanya muncul peluang usaha :
1.      Meningkatnya system distribusi yang didasarkan atas informasi
2.      Adanya deregulasi
3.      Berkurangnya hambatan perdagangan
4.      Meningkatknya teknologi informasi
5.      Perkembangan pasar modal
6.      Konsumen semakin menghargai nilai dan waktu
Mengidentifikasi peta peluang usaha , ada 2 komponen membuka peluang usaha:
1.      Peluang usaha yang diharapkan
2.      Peluang usaha yang tersedia
Menurut Howard H Stevenhenson 5 dimensi dalam identifikasi peta peluang usaha atau bisnis :
1.      Orientasi strategi terhadap usahanya
2.      Komitmen terhadap peluang usaha yang ada
3.      Pengawasan terhadap sumber daya usaha
4.      Melaksanakan konsep manajemen usaha
5.      Adanya kebijakan balas jasa
Faktor-faktor Identifikasi peta peluang usaha
1.      Adanya persaingan didunia kehidupan masyarakat
2.      Adanya sumber daya alam
3.      Adanya latihan /kursus
4.      Adanya kebijakan pemerintah

D.    ANALISIS PELUANG USAHA
Persiapan dan langkah-langkahnya:
1.      Persiapan dalam melaksanankan analisis usaha :
a)   Meneliti luas usaha yang dipilih
b)   Bentuk usaha
c)   Jenis usaha yang ditekuni
d)  Mengenal informasi usaha yang diterima
e)   Memiliki peta peluang usaha yang menguntungkan

2.      Langkah-langkah peluang usaha :
a)      Membuat sketsa bidang usaha yang ditekuni
b)      Penyediaan modal
c)      Mengurus izin usaha
d)     Menyiapkan tenaga kerja
e)      Menyiapkan sarana
f)       Menyiapkan bahan baku
g)      Menetapkan lokasi
h)      Menetapkan metodelogi
i)        Menetapkan manajemen
j)        Mencari mitra usaha

3.      Menganalisis peluang usaha diawali melalui analisis SWOT :
S = Strenght (Kekuatan )
W = Weakness(Kelemahan)
O = Opportunity(Peluang)
T = Threat(Ancaman)

4.      Proses analisis peluang usaha secara sistematis:
a)      Menentukan tujuan usaha
b)      Mengumpulkan fakta
c)      Mengadakan analisis mengenai fakta-fakta,data-data informasi
d)     Merumuskan secara tegas , tepat dan bertanggung jawab
e)      Merumuskan berbagai alternative
f)       Merumuskan rencana strategi
g)      Merumuskan rencana taktis
h)      menyusun anggaraan belanja





5.      Menganalisis peluang usaha berdasarkan produk/jasa :
a)      Ada 3 kalsifikasi produk :
(a).  Produk primer (penggalian SDA)
(b). Produk sekunder(Pengolahan /proses bahan baku)
(c).  Produk tersier (Peralatan dan Pelayanan Jasa )

b)      Tujuan diadakan analisis terhadap jenis produk:
(a).  Memenuhi keinginan dn minat konsumen
(b). Memenangkan persaingan
(c).  Meningkatkan jumlah penjualan
(d). Mendayagunakan sumber-sumber produksi
(e).  Mencegah kebosanan konsumen

6.      Menganalisis bidang jasa
Jasa adalah hasil produksi yang tidak mempunyai bentuk.
Upaya dibidang usaha jasa dapat menarik konsumen :
a)      Memasang reklame/iklan yang mencolok dan menarik
b)      Memasang lampu yang terang dan menarik
c)      Menyebar pamphlet
d)     Mengadakan demonstrasi
e)      Memberikan potongan harga

Hal yang harus dipertimbangkan wirausahawan agar berhasil dalam bidang jasa :
a)      Pengetahuan tentang selera dan minat calon konsumen
b)      Mengetahui bidang jasa yangm paling laku
c)      Menjaga hubungan harmonis dengan pensuplai


E.     KEMAMPUAN MENGAMBIL RESIKO DALAM PELUANG USAHA

Resiko usaha dapat diatasi dengan cara :
1.      Keahlian mengambil resiko dalam usaha
2.      Resiko diketahui sebelumnya
3.      Resiko pertengahan usaha
4.      Resiko inisiatif dalam usaha
5.      Resiko di asuransikan
6.      Resiko dalam Persaingan
7.      Resiko dalam keuangan usaha
8.      Resiko dalam Pemasaran


Prosedur Menganalisis Resiko :
1.      Tujuan dan sasaran usaha
2.      Meneliti alternative resiko
3.      Merencakan dan melaksanakan sebuah alternative
4.      Taksiran risiko usaha
5.      Mengumpulkan informasi usaha
6.      Mengurangi resiko usaha

F.     MENGEMBANGKAN IDE DAN PELUANG USAHA
1.      Tujuan mengembangkan ide dan peluang usaha :
a)   Ide dalam pembuatan produk atau jasa yang diminati konsumen
b)   Ide dalam pembuatan produk/jasa dapat memenangkan persaingan
c)   Ide dalam pembuatan dan mendayagunakan sumber produksi
d)  Ide dapat mencegah kebosanan konsumen dalam pembelian dan penggunaan produk
e)   Ide dalam Pembuatan desain

2.      Langkah pengembangan ide dan peluang usaha :
a)      Tetapkan dengan jelas pengembangan ide usaha
b)      Tentukan tujuan khusus dalam pengembangan ide usaha
c)      Berupaya supaya karyawan memahami setiap perkembangan ide
d)     Buat dan laksanakan sistem pencatatan prestasi pengembangan ide usaha
e)      Memberikan penghargaan kepada karyawan agar prestasi perkembangan ide usaha menjadi obsesi
f)       Upaya agar para karyawan perusahaan

3.      Contoh pengembangan ide dan peluang usaha :
a)      Bidang usaha Perawatan computer
b)      Bidang usaha pembekalan
c)      Bidang usaha Promosi penjualan
d)     Bidang usaha angkutan
e)      Bidang usaha pelayanan SDM
f)       Bidang usaha Cinderamata
g)      Bidang usaha perkreditan
h)      Bidang usaha olahan
i)        Bidang usaha Rekruitmen
j)        Bidang usaha tata boga
k)      Dll



BAB III
KESIMPULAN
A. Kesimpulan
1.      Adapun yang perlu dilihat sebagai peluang usaha ialah melihat jenis prospek pasar yang akan penglihatan berdasarkan prospek pasar yang akan dituju maka akan menaarik minat pembeli yang sesuai dengan usaha yang akan kita jalani ini serta penempatan strategis serta penemuan inovasi-inovasi menjadikan peluang berkembangnya suatu usaha.
2.      Resiko yang didapat saat memulai dari suatu usaha ialah Masuk ke dunia bisnis terlalu cepat dan kegagalan perencanaan jelas serta masalah finansial.

B.     Saran
Berdasarkan kesimpulan bahwa peluang usaha dapat dilihat dari prospek suatu pasar yang akan dituju serta terus melakukan inovasi unttuk menarik perhatian pembeli namun usaha tersebut memiliki resiko yaitu terlalu cepat dalam memulai suatu usaha dan perencanaan yang kurang matang serta masalah finansial yang kadang datang mendatangg.



Komentar